Sejarah Motorsport Berfairing, Suzuki yang edar di Indonesia

Kali ini saya bakal bahas tentang motorsport berfairing buatan Suzuki yang pernah beredar di Indonesia . Dari dulu sampai sekarang pun yang namanya motorsport berfairing itu tetap keren, bahkan banyak diantara pemilik motorsport batangan yang aslinya naked bike tapi dipasang fairing pada motornya

Suzuki RGR 150
Terlahir sebagai motor sport dengan performa mumpuni dan kapasitas mesin tergalak dikelasnya, Suzuki RGR 150 menancapkan kukunya pertama kali didunia otomotif Indonesia khususnya segmen roda dua pada tahun 1989, dibawah naungan payung Indomobil Group pimpinan pak Subronto Laras. Motor yang awal mula kemuculannya hasil import dari negeri Thailand tersebut, mendapat hati dibenak konsumen pecinta kecepatan. Bagaimana tidak dengan dipersenjatai kapasitas mesin terbesar dikelasnya, membuat motor sport murni pabrikan berlogo huruf S ini menjadi langganan kemenangan ditiap event Road Race tanah air waktu itu. Kala itu pesaingnya hanya Yamaha RZR 135.

Dengan dipersenjatai dengan mesin tegak berkapasitas 147cc, 2 langkah, reed valve, berhorse power 26.5ps @ 9.500rpm, mempunyai torsi 2.1kg.m pada 8000rpm, bore x stroke = 59.0 x 54.0mm, kopling manual, 6 trasmisi perpindahan gigi, kick starter, shockbreker belakang monoshok dan depan telescopic, menggunakan lingkar roda spookwheel 18″-2.75 depan dan 18″-3.00 belakang, kapasitas tangki oli samping 1.2lt, kapasitas tangki bahan bakar 11lt, berpenghenti laju diskbrake depan sedangkan belakang mengandalkan tromol, mampu membawa sang pengendara melesat cepat sampai batas angka 160km/h… Bahkan setelah dioprek sanggup hingga 180km/h... wowww…sangat liar untuk ukuran motor sport lokal pada masanya (awal tahun 90an).

Selama masa edarnya di Indonesia dari tahun 1989 sampai dengan tahun 1997, Suzuki RGR 150 telah mengalami perubahan desain body beberapa kali. Berikut detail perubahan yang terjadi :

RGR Sprinter
 Saat pertama kali muncul dibelantika motor sport lokal yaitu pada tahun 1989 - 1992, Suzuki RGR 150 (Sprinter) mempunyai desain tidak seperti motor sport murni, hal ini bisa dilihat dari penggunaan half fairing yang tersemat dirangka bodynya. Ciri khas Suzuki RGR 150 generasi pertama ini adalah model bentuk lampu belakang yang masih sangat mirip atau bahkan sama dengan motor bebek Suzuki RC Sprinter.


RGR Crystal   
 Generasi kedua dari Suzuki RGR 150 yang beredar dari tahun 1992 - 1995 mempunyai tampilan yang sudah condong kearah motor sport murni. Hal tersebut dapat dilihat dari detail penggunaan full fairing pada bodynya. Ciri khas dari Suzuki RGR genarasi 2 adalah model bentuk lampu belakang motor ini sangat mirip atau menyerupai motor bebek Suzuki Crystal. Untuk desain RGR versi ini hanya ada di Indonesia sedangkan dari negeri asalnya Thailand gak ada RGR desain seperti ini. cmiiw..


RGR Tornado 
Generasi terakhir dari varian Suzuki RGR 150 yang beredar pada tahun 1995 - 1997, hampir sama dengan RGR 150 generasi kedua, yaitu pengaplikasian full fairing dan divarian ini juga sudah ada perbaikan sistem pelumasan mesin serta pengapian. Ciri khas dari motor sport flagship Suzuki waktu itu adalah model bentuk dari lampu belakangnya sangat mirip dengan sepeda motor bebek Suzuki Tornado.

Itulah beberapa evolusi dari Suzuki RGR 150 yang sekarang ini bisa dikatakan hampir punah dari belantara jalanan Indonesia. Sama halnya dengan motor sport dari pabrikan lain yang masih menggunakan teknologi 2 tak, pelan tapi pasti kejayaan mereka akan meredup seiring dengan diberlakukannya penarapan standarisasi EURO 2 pada urusan pelepas gas buang kendaraan dijalanan negeri ini.

Walaupun dulu motor-motor berteknologi tinggi pada masanya ini pernah merajai ajang arena road race, tapi semua itu sekarang tinggallah kanangan. But…ditangan para maniak motor dari pabrikan Suzuki, RGR 150 boleh dikatakan masih eksis, walaupun nafas hidupnya perlu ditopang dengan kanibalan part dari motor-motor yang beredar saat ini. Onderdilnya udah mulai susah gan.....


Motor yang memiliki mesin sama dengan Suzuki RGR 150 tapi tidak edar di Indonesia
Suzuki Phanter TXR 150R (Malaysia) 
Pabrikan otomotif Jepang yang melebarkan sayap produksinya kesemenanjung Malaya. Diceritakan pada tahun 1988/89, pabrikan Suzuki Lion Motor Malaysia mendapat titah dari pihak prinsipil Jepang guna memproduksi sebuah motor batangan dengan karakter kuat dimedan jalanan makadam era 80’an lampau. Yak!…singkat kata singkat cerita, maka ditahun tersebut muncullah motor sport pertama dari pabrikan Suzuki Lion dengan mengusung teknologi mesin 2 tak yang memang kala itu begitu populer karena simpelnya desain mekanis.

Tak lain dan tak bukan adalah Suzuki Panther 150 atau yang kalau di Thailand lebih populer dengan nama Suzuki RG-V 150. Nah…di Indonesia disebut dengan Suzuki RGR 150 Sprinter, alias RGR 150 generasi pertama yang dihadirkan oleh Indomobil Group Indonesia ditahun 1989, maka inilah cikal bakal dari motor tersebut.


Suzuki Shark (Jerung) TXR 150R (Malaysia) 
 Setelah Suzuki Phanter TXR 150R, Suzuki Malay juga mengeluarkan produk special edition bernama Suzuki TXR 150R atau dengan nama lain Suzuki Shark (Jerung) pada kisaran tahun 92 - 95, dulu pabrikan Suzuki Lions Malaysia meregenerasi motor berteknologi 2 langkah tersebut dengan menambahkan full fairing jika sebelumnya half fairing.


Last begitulah varian motorsport berjilbab dari Suzuki yang pernah masuk ke Indonesia, bahasan trit ini diluar dari moge-moge Suzuki yang dijual di Indonesia baik oleh pihak ATPM resmi maupun importir umum.

Sumber:
Dari berbagai sumber di internet, telah disatukan dan diedit

 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites